Home » » Santolo Jadi Kawasan Wisata Islami? Mungkinkah!

Santolo Jadi Kawasan Wisata Islami? Mungkinkah!

Sebelumnya kami mengucapkan selamat berjumpa dengan blog sederhana ini. Semoga saja pembaca sekalian mendapatkan kebaikan setelah membaca ulasan ini. Besar harapan kami blog ini tidak hanya menjadi ajang bisnis semata bagi kami namun juga sebagai media penebar kebaikan bagi semua.

Pariwisata Islami memang bukan hal yang baru dalam dunia kepariwisataan di Indonesia. Bahkan di dunia konsep ini telah menjadi branding yang dilaksanakan oleh banyak negara baik yang mayoritas penduduknya muslim atau tidak.

Apa maksud dan tujuannya?

Tentu saja konsep halal tourism ini bisa menjadi daya tarik yang bagus bagi kedatangan wisatawan. Lebih dari itu konsep wisata Islami ini bisa dikelola dengan mengedepankan cara-cara Islam yang anti maksiat dan jauh dari konsumsi alcohol.

Turunan dari konsep ini tentu saja banyak. Bila sedikit kami berikan contoh adalah adanya pemisahan lokasi wisata antara laki-laki dan perempuan. Jadi yang terjadi di kawasan wisata Islami adalah penertiban terhadap hala-hal negatif di tempat wisata termasuk berdua-duaan dengan lawan jenis yang bukan haknya.

Hingga sampai ke faktor akomodasi pun demikian. Konsep ini mengharuskan semua hotel yang disiapkan harus terbebas dari perzinahan. Konsep non alcohol hotel harus dilaksanakan sesuai ketentuan umat Islam.

Kemudia apa yang menjadi dasar munculnya konsep wisata Islami ini? Tentu saja dasarnya adalah agama. Bila bali bisa diatur dengan konsep budaya Hindu lalu kenapa orang Islam tidak bisa mengelola tempat wisatanya dengan konsep Islam.

Bagaimana dengan Santolo di Garut Jawa Barat?

Tentu saja Santolo punya kans bagus sebagai pariwisata pantai di Indonesia. Keindahan alamnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Bisa tidak konsep ini diterapkan? Tentu saja sangat bisa. Lalu apa yang harus dilakukan? Banyak sekali tentunya, termasuk mengkoordinasikan unsur-unsur yang akan mengelola pantai ini ke depan.

Apa hikmah dari halal tourism ini?

Tentu saja konsep ini akan menimbulkan kebaikan. Betapa tidak ajaran Islam sudah sangat bagus, modern, profesional, dan sangat berwawasan lingkungan. Selain itu Islam tidak mengajarkan keburukan di mana pun dan kapan pun.

Santolo Jadi Kawasan Wisata Islami? Mungkinkah!

0 comments:

Posting Komentar