Home » » Bagaimana Cara Agar Bisa Merasakan Nikmatnya Shalat?

Bagaimana Cara Agar Bisa Merasakan Nikmatnya Shalat?

Ada orang pernah berkata sambil mengeluhkan sesuatu yang dirasa kurang enak di hatinya. bahwa dulu ia enggak pernah shalat sama sekali. Dan setelah ia mengikuti pengajian mulailah ia rajin shalat.

NAMUN setelah lama sekali ia mengerjakannya ia belum merasakan nikmatnya shalat tersebut. Semua terasa hambar saja dan jauh sekali dari yang sering dikatakan banyak orang sebagai manisnya SHALAT.

أملي الجنة
Berangkat dari sini renungan ini bermula. Rasa-rasanya bukan hanya beliau yang merasakan hal tersebut. Bahkan yang menulis ini merasakan seperti begitu juga bahkan mungkin lebih parah lagi keadaannya.

Berbicara soal KHUSYU bukanlah hal yang sepele. namun ini adalah perkara besar yang harus terus diupayakan. Bahkan shalat itu sendiri adalah hal berat kecuali dilakukan oleh orang-orang yang khusyu.

Kita harus takut dari keidak-khusyuan ini. Apalagi dalam keterangan Al-Qur'an dikatakan bahwa ada di antara manusia yang sangat berat melaksanakan Shalat. Ia malas mengerjakannya. Yang demikian adalah sifat orang-orang munafiq.

Ada satu keterangan menarik yang disampaikan oleh Ustadz hari Murti tentang ini. Beliau menyarankan bahwa bila kita ingin menambah kekhusyuan Shalat maka berupayalah untuk mengerti apa yang dibaca dalam Shalat.

Menurut pengalaman memang benar sekali apa yang dikatakan beliau. Orang yang paham sesuatu akan lebih meresapi isi pembicaraannya dibandingkan dengan yang tidak memahami.

Begitulah kekhusyuan ini harus terus kita pelajari dan kita tingkatkan lagi kualitasnya. semoga Allah membimbing kita ke arah yang benar. amin.... mohon maaf bila kata-kata dan kalimat lancang dan berlebihan.

0 comments:

Posting Komentar