Home » » INILAH YANG HARUS DILAKUKAN DAN YANG TIDAK BOLEH DILAKUKAN OLEH ORANG YANG BERTAQWA

INILAH YANG HARUS DILAKUKAN DAN YANG TIDAK BOLEH DILAKUKAN OLEH ORANG YANG BERTAQWA

Sesungguhnya serial artikel yang diluncurkan berikut ini adalah bagian dari besarnya perhatian akan datangnya Ramadhan. Betapa inginnya diri ini meraih derajat taqwa melalui puasa di Bulan yang suci itu.

Sebagai pelengkap terhadap ilmu yang masih begitu sedikit ini maka membaca hadits-hadits Rasulullah SAW yang berisi begitu banyak hikmah dan pelajaran untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.
Gambar: أملي الجنة
INILAH YANG HARUS DILAKUKAN DAN YANG TIDAK BOLEH DILAKUKAN OLEH ORANG YANG BERTAQWA

Ada satu hadits yang mengagumkan kami dan tentu juga anda, seperti berikut ini;

اَتَّقِ اللهَ وَلاَ تَحْقِرَنَّ مِنَ الْمَعْرُوْفِ شَيْئًا وَلَوْ أَنْ تَفْرُغَ مِنْ دَلْوِكَ فِيْ إِنَاءِ الْمُسْتَقِيْ وَأَنْ تَلْقَى أَخَاكَ وَوَجْهُكَ إِلَيْهِ مُنْبَسِطٌ وَإِيَّاكَ وَإِسْبَالَ الْإِزَارِ فَإِنَّ وَإِسْبَالَ الْإِزَارِ مِنَ الْمَخِيْلَةِ وَلاَيُحِبُّهَا اللهُ وَإِنِ امْرُؤٌ شَتَمَكَ وَعَيَّرَكَ بِأَمْرٍ لَيْسَ فِيْكَ فَلاَ تُعَيِّرْهُ بِأَمْرٍ هُوَ فِيْهِ وَدَعْهُ يَكُوْنُ وَبَالُهُ عَلَيْهِ أَجْرُهُ لَكَ وَلاَ تَسُبَّنَّ أَحَدًا

Bertaqwalah kepada Allah dan janganlah kamu meremehkan sekecil apapun kebaikan walaupun hanya membantu mengisi wadah orang yang meminta minuman atau menemui saudaramu dengan wajah yang berseri. Hati-hatilah dari memanjangkan kain sarung karena itu bentuk kesombongan yang tidak disukai Allah. Bila ada seseorang yang yang memaki dan menghinamu dengan sesuatu yang tidak ada pada dirimu maka janganlah memaki dan menghinanya dengan sesuatu yang ada pada dirinya, biarkanlah dia karena bahayanya untuk dia dan pahalanya untukmu. Dan janganlah kamu sekali-kali menghina seseorang.

Hadits yang dihimpun oleh Imam Ath-Thayalisi melalui Jabir ibn Muslim ini sangatlah istimewa. Yang menulis ini sangat terkesan. Apalagi para ulama yang tahu akan kaidah bahasa Arab dan ilmu-ilmu Islam yang mendalam tentulah mereka akan sangat terkesan.

0 comments:

Posting Komentar