Home » » Apa Istimewanya Seorang Ayah? Temukan Jawabannya Dalam Al-Qur'an

Apa Istimewanya Seorang Ayah? Temukan Jawabannya Dalam Al-Qur'an

Apa Istimewanya Seorang Ayah? Temukan Jawabannya Dalam Al-Qur'an - Kebanyakan kita bukan ahli dalam menafsirkan Al-Qur'an. Karena faktanya dari pemeluk islam tidak semuaya bisa membacanya. Dari yang bisa tidak semua bagus bacaannya. Dari yang bagus bacaannya tidak semua tahu maknanya. Dan dari yang tahu maknanya tidak semua mengamalkannya. Dan seterusnya begitu.

Kami memohon ampu bila menuliskan sesuatu yang salah dan tidak layak tentang kala-Mu ya Allah saw. Bila terdapat kesalahan maka ampunila aku. Dan bila masih kurang maka berilah aku ilmu yang memberikan pemahaanku akan kalam-Mu.

Dalam al-Qur'an kita mendapatkan kisah para ayah yang mulia. Mereka menyayangi putera dan puterinya dengan sebaik-baik kasih sayang. Dan mereka mendidiknya dengan pendidikan yang terbaik.

Deretan nama dapat disebut. Nabi Nuh, Nabi Luth, Nabi Ibrahim, Nabi Ya'aqub, Nabi Zakariya, Nabi Sy'aib, Nabi Dawud, Nabi Muhammad saw., dan Nai-nabi lainnya.

Dan dalam Al-Qur'an ada banyak ayah yang sebaliknya. Seperti Ayah Nabi Ibrahim. Ia tidak mau beriman dengan risalah yang dibawa Nabi Ibrahim.

Nabi Ibrahi yang shalih ini adalah orang yang dimuliakan Allah swt dengan nama besar, akhlaq, risalah, dan keturunan. Dan ia ahu bahwa ada sebab ia lahir ke dunia. di antara sebab itu adalah ayah dan ibu.

Betapa inginnya ia membawa ayahnya hanya berserah diri kepada Allah swt Tuhan semesta alam. Ia menasihati ayahnya untuk meninggalkan berhala-berhala. Ia ungkapkan argumentasi yang menentukan. Itu semata-mata kasih sayang kepada Ayahnya.

Nabi ibrahim bahkan memohonkan ampun kepada Allah untuk ayahnya. Semua dilakukan karena ia telah berjanji untuk itu. Maka betapa mulianya seorang ayah. Hingga muslim harus tetap berbuat baik kepada ayahnya meskipun ia tidak menyemnah Allah swt.

Maka mari perhatikan kata-kata mutiara dari أَمَلِيْ الجنة  ini yang menggambarkan keistimewaan ayah;


Apa artinya ini?

 Ayah
Walaupun engkau jauh dari pandangan
Namun di hatiku ada mata yang selalu memandang mu

Mari menyayangi ayah kita.

0 comments:

Posting Komentar