Home » » Tips Paling Keren Menikmati Malam Indah di Santolo

Tips Paling Keren Menikmati Malam Indah di Santolo

Tips Paling Keren Menikmati Malam Indah di Santolo

Inilah judul bombastis yang saya tulis di blog kesayangan ini. Sering kali orang datang ke sebuah pantai dengan niat menkmati liburan ternyata ketika datang dan tiba di lokasi kejadiannya tidak seperti yang diharapkan sejak awal.

Ingat. Kalau orang Batak sering bilang "ini medan, Bung", begitu pula kira-kira yang terjadi di pantai-pantai Indonesia. Artinya kondisi di pantai itu terkadang sulit ditebak.


Kejadiannya tidak mudah diprediksi. Pagi cerah, siang masih cerah, sore hari hujan deras luar biasa. Atau pagi hujan dan ketika malam menjelang pemandangan menampakkan keindahan yang tiada terkira.

Maka pengetahuan tentang karakteristik pantai ini harus dipahami sejak awal oleh para pengunjung wisata pantai. Ingat laut itu makhluk besar, panjang, lebar, dalam, dan kuat. Ia hanya tunduk kepada Allah saja. Memang laut telah ditundukkan oleh Allah kepada manusia untuk diambil manfaatnya, namun samapi sekarang siapa yang mengaku jadi penguasa laut? Tidak ada. Hanya Allah saja yang menguasai segala sesuatu.

Tips Keren

Pertama, Jangan ada niat tidak baik dalam hati para pengunjung yang akan datang ke Santolo. Jangan bermalam dengan niat berzina, selingkuh, mesum, atau merencanakan makar, aksi teror, menyusun tipu daya, atau jangan sekali-kali berniat akan merusak.

Kedua, Bawalah tenda kecil, tikar dan sajadah. Atau bila ingin lebih simpel bawalah tikar ke tepi pantai dan cari tempat yang nyaman. Mulai lah shalat dan berdzikir lah sepuas anda hingga air mata tidak terasa menetes dari pelupuk mata anda. Rasakan kebesaran Allah hadir dalam jiwa anda.

Ketiga, Renungkanlah semua keindahan yang anda lihat. Pandang lah langitnya yang biru dan cerah itu. Tatap lah bintang-bintang yang tampak seperti tersenyum dan menyambut anda pada majlis dzikir mereka. Seolah mereka berucap "selamat datang di kumpulan makhluk-makhluk Allah yang sedang bertasbih". Pandang lah lautnya dan rabalah bumi yang anda pijak.

Keempat, Ajaklah kawan anda untuk berasama merenungkan cipataan Allah yang Maha Agung. Tafakkur ini akan mendorong kita untuk menyebut namanya Allah sebanyak-banyaknya.

Nah, itulah tips paling keren menikmati keindahan pantai Santolo.

0 comments:

Posting Komentar