Home » » Desember di Santolo

Desember di Santolo

Beberapa hari yang lalu saya ditanya oleh pengunjung blog ini. Isi pertanyaannya masih seputar Pantai Santolo. Lewat pean singkat saya menjawab singkat saja. Dan pada tulisan ini saya ingin sedikit panjang lebar menjawabnya.

Pertama-tama saya ingin mengatakan bahwa Pantai Santolo adalah pantai yang tidak pernah tidur. Selama 24 jam sehari semalam ia terus beroperasi non stop. Ini berarti aktifitas di Pantai Santolo terus berlanjut baik musim penghujan ataupun musim kemarau.

Kegiatan utama di Pantai Santolo adalah pemberangkatan kapal penangkap ikan, logistik, pelabuhan kapal, pelelangan ikan, packing, dan tourism.

Desember di Santolo
December in Santolo Indonesia

Kegiatan yang berhubungan dengan perikanan ini berlangsung tanpa henti. Intensitas keramaian dimulai sejak pukul 02.00 dini hari sampai sore saat kapal berlabuh hingga jam 02 dini hari kembali.

Ada saatnya para nelayan mengurangi intensitas melaut mereka. Musim-musim tertentu terkadang ikan sedang sepi dan tidak muncul ke permukaan. Saat-saat seperti ini dimanfaatkan para nelayan untuk memperbaiki jaring, perahu, alat pancing dan menikmati waktu-waktu istirahat bersama keluarga. Maklum terkadang di lautan bisa berhari-hari.

Pariwisata Santolo

Selanjutnya bagaimana dengan kegiatan pariwisata di Pantai Santolo?
Untuk kegiatabn ini intensitasnya akan tinggi saat hari-hari cerah. Adapun sekarang saat liburan akhir tahun dan liburan sekolah selepas UAS Semester Ganjil yang jatuh pada bulan Desember diperkirakan intensitas kunjungan wisatawan ke Pantai Santolo akan berkurang.

Para wisatawan yang datang ke Pantai Santolo mau hujan ataupun hari sedang cerah tetap selalu ada dan banyak. Meski tidak sebanyak saat hari-hari cerah namun jumlahnya masih terbilang banyak. Memang kalau sudah jatuh cinta apapun yang terjadi tidak akan jadi masalah.

0 comments:

Posting Komentar