Home » » Mengoptimalkan Peran Pemuda di Taman wisata Santolo

Mengoptimalkan Peran Pemuda di Taman wisata Santolo

Tidak diragukan lagi bahwa Santolo memiliki kans untuk pariwisata di Garut Selatan. Soal potensi tentu sudah tidak usah dibicarakan lagi. Yang harus lebih dikembangkan adalah Sumber Daya Manusia yang akan mengelolanya.

Antara manusia dan alam tentu ada aturan yang harus ditaati. Lingkungan hidup adalah faktor penting dalam kehidupan manusia yang harus dipelihara dan dijaga serta dikembangkan. Pengelolaan dan sistem manajemen yang baik akan memberikan pengaruh baik dan efek yang memajukan bagi masyarakat sekitar.

Tanpa pengelolaan dan kerja sama yang baik maka hanya akan membuat beban dan biaya semakin besar. Komunikasi yang terjalin baik dengan lebih mengusung kepentingan bersama merupakan hal yang sangat harus diperhatikan. Membangun sinergisitas antara golongan masyarakat baik pemerintah atau orang-orang setempat mutlak diperlukan.

Duduk bersama dan sering bermusyawarah adalah cara tepat dalam membangun kerja sama yang kolektif dan produktif. Penetapan program kerja dan rencana kerja serta kegiatan harus tertata rapi. Setiap elemen hendaklah mengutamakan kepentingan bersama.

Kaum Muda yang Potensial

Muda itu berani. Ya kaum muda itu tidak mengenal kelemahan bahkan ia tidak akan mengakui ada kelemahan dalam dirinya. Bila saja ada yang menganggapnya lemah maka ia akan menunjukkan kekuatan dan potensi dirinya. Sifat ini harus dibimbing dengan baik agar berdayaguna. maka hubungannya dengan pengelolaan tempat wisata khususnya Santolo, kaum mudanya harus dipupuk kekuatan dan kepercayaan dirinya. Pertama-tama pupuklah rasa cinta terhadap kampungnya yang berpotensi ini. Untuk menyuburkannya adalah jangan sampai dari kaum tua yang mengecewakan mereka dengan melakukan perbuatan yang tidak baik, karena bila demikian hanya membuat mereka apatis.

Muda itu imajinatif. Ya, benar sekali. Ide-ide segar sering datang dari kaum muda yang imajinatif. Tentu ini timbul dari impian dan harapan kuat untuk membangun kampungnya. Seringnya seseorang memikirkan sesuatu hal dan ia fokus dengan hal itu, maka ia akan lebih tajam imajinasi dan mata hatinya dalam hal tersebut. Maka bila Santolo yang ingin dikembangkannya dan ia sangat peduli dengan ini tentu ia akan menelurkan ide-ide sehat yang kemudian akan menetes dan menghasilkan sesuatu yang melompat dan brilian.

Muda itu kreatif. Orang muda yang tidak kenal menyerah selain imajinatif biasanya kreatif. Ia akan menciptakan hal baru. dan sudah menjadi ciri orang muda yang anti kemapanan akan merasa bosan bila melakukan yang itu-itu saja. Ia akan bangkit dan berdiri membuat gebrakan dan cara-cara baru yang kreatif. Ini sangat istimewa. Untuk orang-orang yang bergelut dalam pengembangan Taman Wisata tentu harus kreatif dalam mengembangkan, memasarkan, dan tentu mengkominikasika.

Bila semua telah bersinergi maka pembangunan dan pengembangan Santolo sebagai tempat wisata pavorit tentu bukan khayalan.

0 comments:

Posting Komentar