Home » » Apa yang Harus dilakukan agar Pantai Santolo Semakin Banyak Dikunjungi?

Apa yang Harus dilakukan agar Pantai Santolo Semakin Banyak Dikunjungi?

Berkenaan dengan pengembangan pariwisata banyak hal yang harus dipersiapkan. bagian besar pertama adalah pemahaman komprehensif tentang potensi alam yang indah. Harus disadari bahwa daerah-daerah tertentu telah tercipta dengan mengandung citra dan unsur keindahan. Maka daerah ini harus dijaga dan dilestarikan jangan sampai dirusak. sebisa mungkin tempat-tempat seperti ini harus mendatangkan manfaat dan maslahat bagi manusia terutaa masyarakat sekitar.

Dengan ini bagia besar yang pertama ini haruslah tertanam kuat dalam diri masyarakat sekitar sebagai orang yang notabene menempati wilayah itu. Untuk sampai pada pemahaman bahwa ini adalah anugerah Tuhan yang harus dijaga haruslah ada orang yang mampu mengomando dan memimpin. Kesadaran yang timbul pada tingkat individu akan lebih kuat bila ada seorang panutan yang memberi arah dan membimbing.

Pada bagian ini hal pertama adalah mengadakan musyawarah kontinyu dan konsolodasi dengan semua lapisan, dari kalangan sesepuh hingga kalangan anak muda. Semua harus sambung saran dan jangan sampai ada orang yang merasa tidak mendapat bagian dan kesempatan. Dalam hal ini hendaklah dihindari sikap mementingkan sendiri.

dalam tahapan ini juga bisa pula dirumuskan bagaimana penjagaan terhadap otensi alam ini, pihak mana yang bisa dan harus diajak kerjasama, apa yang harus dibenahai, dan apa yang harus diadakan.

Kemudian bagian kedua adalah menumbuhkan kesadaran masyarakat bahwa tempat wisata itu harus punya daya tarik Dan salah satu hal membuat pengunjung datang lagi-datang lagi adalah karena penawaran harga barang-barang dan jasa sangat rasional dan murah. Pedagang tentu ingin untung dan tidak ingin rugi, namun bila mengambil untung terlalu besar hingga melebihi harga yang rasional maka bisa jadi pengunjung yang membeli akan merasa ditipu dan dikadalin. Bila misalkan harga semangkok baso di luar area wisata Rp 10.000,- sementara di area wisata Rp 20.000,- maka ini sudah termasuk harga yang tidak rasional. Hal inilah yang membuat para pengunjung enggan datang kembali. Maka begitu pula sarana yang lain seperti angkutn, WC, Penginapan dan harga-harga makanan di restoran atau rumah makan hendaklah menerapkan tarif yang wajar dan rasional.

Bila kita mau perbandingan ke luar misalnya Bali, kenapa Bali banyak dikunjungi? Salah satu jawabannya adalah karena Bali tu indah. Jawaban berikutnya adalah karena Bali menawarkan wisata yang murah. Coba saja makanan, penginapan dan oleh-olehnya berharga murah. Itulah yang membuat pengunjung senang mengunjungi Bali.

Untuk Pantai Santolo harusnya meniru apa yang dilakukan masyarakat Bali. Selain menjaga Pantainya masyarakat juga harus menyadari dan berusaha tidak memasang tarif tinggi-tinggi. Dengan begitu jangan karena sedang "marema" harga-harga jadi melambung tinggi kaya balon gas. Keep smile and spirit.

0 comments:

Posting Komentar