Home » » Potensi Bisnis Penginapan Sepanjang Pantai Selatan, Jayanti - Santolo

Potensi Bisnis Penginapan Sepanjang Pantai Selatan, Jayanti - Santolo

Sudah dikenal secara luas bahwa wilayah pantai selatan Jawa Barat merupakah derah tujuan wisata yang terkenal. Keindahan bentangan alam yang indah merupakan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Semakin hari wilayah selatan Jawa Barat semakin banyak diminati oleh para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Diantara daerah yang menjadi tujuan wisata di selatan Jawa Barat adalah jalur yang terbentang antara Pantai Jayanti di Cidaun-Cianjur sampai ke Santolo Sayang Heulang di Garut Selatan.

Pantai Jayanti dan Santolo menyimpan sejarah dan cerita masa lalu yang terdengar dari cerita-cerita dan tulisan-tulisan masa lalu. Data sejarah yang ada di pantai Jayanti-Cipanglay menyebutkan peran wilayah ini ketika masa kerajaan Pajajaran, Sumedang larang, dan Galuh. Kemudian masa penjajahan menjelang dan wilayah pantai ini menyimpan cerita yang unik. Di Cipanglay kita bisa menemukan mercusuar besi yang sudah tertimbun pasir.

Di Pantai Santolo ada juga cerita yang bisa ditelusuri dalam cerita-cerita rakyat atau tulisan roadmap kerajaan Pajajaran masa dahulu. Pada zaman penjajahan pun daerah pantai Santolo memainkan peranan penting. Peninggalan yang masih ada sampai sekarang adanya dermaga yang masih kokoh hingga kini.

Hospitality Business

Dengan keberadaan Pantai Santolo dan Jayanti serta daerah yang segaris dengan keduanya sebagai tujuan wisata maka pengembanagan bisnis penginapan di sepanjang pantai ini sangat menjajikan.

Bila kita lihat di lapangan, misal bila kita berkunjung ke Pantai Jayanti maka kita bisa kehabisan tempat menginap. Di Jayanti ada 4 penginapan yang bisa kita pilih. Pertama penginapan Dua Dara yang bertarif Ro 300.000 per malam. Kemudian 24 villa Bapak Haji Nunu yang bertarif Rp 250.000 per malam. Ketiga penginapan Bapak Emip yang bertarif Rp 250.000. Dan Penginapan Ustadz Taryu yang bertarif Rp 250.000.

Keempat penginapan yang ada di Pantai Jayanti bila hari-hari libur akan terisi penuh. Maka dengan ini bisnis dalam bidang penginapan di Pantai Jayanti dan sekitarnya masih sangat terbuka. Hanya saja dengan catatan tidak menjual minuman keras dan tidak menyediakan PSK dan diskotik. Karena masyarakat sekitar tidak akan merestui kegiatan tersebut.

Penginapan di Pantai Santolo lebih banyak dan lebih beragam. Karena Pantai Santolo juga nampaknya lebih banyak dikunjungi wisatawan dibandingkan dengan Pantai Santolo maka Penginapan Santolo seringkali tidak mencukupi jumlah pengunjung yang akan menginap.

Dengan hal di atas peluang membuka usaha di bidang penginapan sangat terbuka lebar. Sistemnya bisa mewakilkan kepada masyarakat sekitar. Dengan ini ada banyak keunggulan, selaian bisnis juga mengentaskan pengangguran.

0 comments:

Posting Komentar