Home » » Mengapa Nyaman Touring ke Santolo

Mengapa Nyaman Touring ke Santolo

Beberapa minggu yang lalu saya menyengaja berkunjung ke Pantai Santolo. Pergi jauh dengan mengendarai motor merupakan keasyikan tersendiri bagiku. Saat ada di atas jok motor itu kondisi hati menjadi sangat nyaman. Ide-ide brilian bermunculan.

Pemandangan indah yang terbentang luas dari tempat tinggalku di Cidaun hingga ke Santolo memberiku pengalaman baru dan menyadarkanku akan luasnya dunia yang baru beberapa tapak saja yang bisa kusambangi.

Pautan gas yang lamban dengan lirikan-lirikan mataku mencari makna dari semua perjalanan. Terkadang aku memang harus berhenti sejenak untuk mengagumi semuanya. Betapa kerdil dan kecil diri ini di hadapan kebesaran yang Allah tampakkan di bumi ini.

Bagiku, mengunjungi tempat baru adalah sebentuk rasa syukurku. Segarnya jiwa dan iman yang mulai kering seolah tumbuh subur kembali bagaikan tanah yang kering kerontang terkena guyuran hujan lebat. Maka bunga-bunga baru mulai mekar dan kulit batang pohon mulai hijau dan segar kembali.

Kemudian yang kedua setelah bersyukur adalah bertafakur. Seringkali nurani terpukau dengan indahnya alam yang diciptakan Tuhan yang Maha Indah. Hati berbisik mensucikan namanya dan lisan bergumam melantunkan tasbih.

Seringkali selama perjalanan aku beristighfar dan sengaja berusaha mengingat-ingat kesalahan dan kekhilafan di masa lalu. Saat-saat itu adalah saat-saat syahdu yang membuatku menikmati perjalanan. Sendiri tapi aku sendiri bersamanya.


Senandung do'a lirih yang terbawa angin dan bersatu dengan deu danmengalun bersama tasbih makhluq-makhluq Tuhan di sepanjang jalan ku yakini semua tinggal tetap di haribaan-Nya. Maka berusaha tidak berhenti dalam do'a adalah usahaku yang harus kuwariskan.

Inilah alasan yang bia kubagi denganmu.

0 comments:

Posting Komentar