Home » » Kondisi Terkini Jalur Transportasi ke Santolo dan Sayang Heulang

Kondisi Terkini Jalur Transportasi ke Santolo dan Sayang Heulang

Bagi anda yang akan liburan ke Santolo, Sayang Heulang dan Ranca Buaya Bila anda melewati jalur timur melewati Pameungpeuk - Cisompet disarankan untuk tidak datang kemalaman karena rawan tanah longsor. Begitu pun bagi anda yang datang melalaui jalur Ciwidey - Cidaun (Jayanti) maka sebaiknya berangkat dari bandung agak siang sekitar pukul 8 atau 9. Kondisi rawan longsor ada di sekitar Bantaracap karena tanah yang labil dan disekitar Leuweung Wangun. Alasan mengapa kita berangkat agak siang, karena bila terlalau pagi biasanya kalau ada longsor malam hari belum ada yang membereskan. Bila telah siang pasti dari Dinas Jasa Marga telah satand by. Begitu juga bila kita berangkat kemaleman sangat rawan longsor. Hal ini dimungkinkan karena hujan lebat turun setelah menjelang sore hari. Maka bila anda datang dari arah Bandung kita harus sampai di Sekitar Bantar Racap sekitar jam 08. Oleh karena itu dari Bandung kita bisa berangkat jam 06.00 karena dari Bandung Ke bantaracap sekitar 2 jam perjalanan.

Kemudian bagi yang menggunakan jalur Cianjur - Cidaun tentu harus lebih hati-hati. Selain perjalan melewati jalur ini rawan longsor juga sangat jauh. Waktu yang ditempuh sekitar 4 sampai 5 jam dengan kondisi tarikan gas sedang. 


Bagi anda yang menggunakan jalur Pangalengan - Cisewu secara garis besar kondisi Jalan aman. namun tetap anda harus berhati-hati karena kontur tanah lewat jalur ini sama dengan yang dilewati jalur Ciwidey - Cidaun.

Lalu bagaimana dengan kondisi sekarang yang rawan begal. Ini adalah salah satu hal yang patut diwaspadai. Di jalur Ciwidey - Cidaun sudah dua kali kejadian. Kejadian pertama dengan modus nenek-nenek yang diikat dan minta tolong. Pas ada pengendara motor mau nolongin ternyata dari kanan- kiri- depan - belakang sudah ada kawanan begal. Kejadian kedua adalah dengan modus ngojek dari Ciwidey ke Cidaun. Setelah sampai di Cidaun tepatnya di Cijambu ternyata dari belakang menodongkan senjata tajam dan motornya dibawa kabur.

Begitu pun dari jalur Cianjur- Cidaun. Kawanan begal pernah beraksi di sekitar Campaka. Untungnya sang pengendara tidak panik dan membuang konci motor ke arah kebun teh pingir jalan. Tepat saat itu ada kendaraan yang lewat hingga bisa minta tolong dan akhirnya selamat.

Maka bagi anda ada beberapa tips yang dapat anda lakukan.

Pertama, jangan berlibur seorang diri. Berliburlah dengan banyak kawan dan jangan berpisah dari kelompok anda.

Kedua, ini adalah tips khusus dari saya, bawalah batu yang pas untuk dilempar seukuran genggaman tangan. Kalaupun ada yang mencurigakan kita bisa memberondongnya dengan batu. Kalau satu tepat saja di kepala kita bisa lari dan melepaskan diri. Kita bisa menyipkan batu yang dalamm istlah Sunda batu tumarik" artinya batu yang enak dilempar.

Ketiga jangan berlibur malam-malam. Karena sebagian besar pembegalan terjadi di malam hari.

Keempat, waspadai dengan pengguna avanza hitam yang mencurigakan dan membuntuti. Bila di depan tidak mau dilewati dan bila di belakang jaraknya akan berusaha tidak terlalau jauh dengan kita.

Kelima, Khusus untuk di jalur Ciwidey Cidaun anda akan mendapati para pemuda yang memungut bayaran seikhlasnya atas usaha mereka memperbaiki jalan. Sebenarnya sering kali para pengguna jalan merasa terganggu dengan keberadaan mereka yang tidak jelas kerjaannya. Dan anggapan umum para pengguna jalan adalah beranggapan bahwa mereka kurang kerjaan dan pungutannya adalah termasuk pungli. Namun bila kita merasa tidak aman sediakan uang recehan seribu dua ribu dan berikan tanpa menghentikan kendaraan kita. Bila ada gelagat kurang baik siapkan gas dan diri kita.

Itulah beberapa hal yang harus kita perhatikan ketika kita hendak menuju ke Santolo atau Sayang Heulang. Dan secara umum saya menyatakan kondisi Jalan ke Santolo dan Sayang Heulang sangat baik. Pokoknya jangan kemaleman yach.








2 comments:

  1. "Mas numpang nanya. Kondisi jalur pangalengan - cisewu sekarang gimana yah? Perkiraan, saya dan rekan rekan mau ke santolo tgl 1 oktober"

    BalasHapus