Home » » Penginapan Boga Rasa, Pengalaman Menginap di Santolo

Penginapan Boga Rasa, Pengalaman Menginap di Santolo

Sepanjang tahun 2014 sudah banyak destinasi wisata saya kunjungi. Salah satu diantaranya adalah Pantai Eksotis Santolo. Pantai ini berada di wilayah Garut Selatan. Tepatnya, di Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut. Lokasinya hanya 80 KM dari Garut Kota yang dapat ditempuh dengan 3 jam perjalanan yang agak sedikit ngebut. 

Sekilas, bila diperhatiakan, suasana atau citra yang tercerap ketika berada di lingkungan pantai, kita akan merasakan seperti tengah berada di pantai-pantai Bali atau raja ampat yang terkenal keindahannya. Tidak salah bila kita punya kesan seperti itu. Karena banyak kesamaan yang terlukis di antara tempat-tempat cantik itu.
Bila berkunjung ke Pantai Santolo kita akan mendapati dua karakteristik pantai yang sangat berbeda. Pantai Pertama bercirikan ombak yang tenang dengan arus yang sangat lambat, sangat aman untuk berenang. Pasirnya putih halus. Nah ini adalah salah satu keunikan pantai Santolo. Seakan-akan kepengen berbeda dengan sauda-saudaranya sesama Pantai Selatan Jawa yang kebanyakan berpasir cokelat, hitam, dan abu, Patai Santolo malah beralas pasir putih yang halus bagikan tepung tapioka. Sungguh nyaman dalam pijakan. Dan terasa empuk di punggung ketika tiduran leyeh-leyeh  di atasnya. Kemudian, pantai yang pertama ini arusnya lambat dan tidak ada ombak berdebur bahkan arusnya lambat. Ini berbeda untuk yang kedua kalinya dengan pantai-pantai di Selatan Jawa yang berombak besar tidak beraturan dan berarus kuat.

Pantai Kedua berciri seperti pantai-pantai di Jaw bagian selatan yang berombak besar dan arus air yang sangat cepat. Dengan karakteristik seperti ini maka sangat tidak aman untuk menyelam dan berenang. Kecuali dengan bimbingan tangan-tangan terlatih dan profesional. Pantai kedua ini didominasi oleh hamparan karang yang luas dan tertata rapi. Sekilas bagaikan pasir putih, setelah kita menginjakan kaki di sana kita tercengang ini terntyta karang, kok bisa rata yah ... ia memang rata kaya hamparan atau kaya teras menuju Samudera Hindia.Sungguh indah dan unik.

Akomodasi / Penginapan

Setelah puas ngubek-ngubek seluruh sisi-sisinya. Banyak yang sudah didapatkan. Yang terakhir adalah dapet sunset cantik. Sekarang saatnya mencari tempat bermalam. Mencari pengunapan di santolo tidak sulit sama sekali. Di area pantai sudah banyak disediakan penginapan dengan beragan tarif dan fasilitas. Setelah tanya sana-tanya sini akhirnya dapet juga. Hasil wawancara saya dengan para pengelola dapat digitik rata bahwa tarif yang dipasang berkisar Rp 100.000 sampai Rp 400.000,- Sedangkan tarif villa mulai Rp 1.000.000,- sampai Rp 1.500.000,-

Penginapan Bogarasa

Salah satu penginapan yang direkomendasikan adalah Penginapan Bogarasa yang berada tepat di pinggir pantai. Pemiliknya sangat galehgeh alias ramah dan someah ka tamu. Penginapan ii baru selesai di renovasi. Bangunan berarsitektur permanen dan modern dengan kamar-kamar yang luas dapat anda jadikan pilihan tepat selama mengeksplor Santolo.

Keunikan Penginapam ini adalah; kita tidak usah repot-repot mencari makanan ke tempat lain.  Karena di Penginapan ini juga ada rumah makan yang menyediakan sarapan, bubur ayam dan menu-menu makan siang dan makan malam serta tentunya ikan bakar segar.

Kemudian letaknya ada di pinggir pantai, maka ketika bermalam di penginapan ini kita akan merasakan kenyenyakan tidur dengan suasana pantai yang begitu kental. Lalu kamar-kamar di sana ada yang menghadap ke sebelah barat, yakni arah matahari tenggelam. Bila sedang hari cerah maka anda dapat melihat indahnya sunset langsung dari kamar yang anda tempati di lantai dua penginapan ini.

Tarif yanf dikenakan oleh pengelola Pantai ini adalah mulai dari Rp 100.000 s amapi Rp 300.000 per malam. Tergantung pada ukuran kamar dan fasilitasnya. Bila menggunakan kamar berAC maka kisaran tarifnya adalah Rp 300.000,- saja.

Pada hari-hari menjelang tahun baru seperti sekarang, tarifnya naik 10% dan di minggu terakhir menjelang pergantian tahun tarifnya bisa mencapai kenaikan 100%. Jadi sebaiknya anda menghubungi pengelola dan segera memesan untuk tanggal anda langsung menghubungi management.

selamat berkunjung 

8 comments:

  1. malam pa, kalau boleh tau nomor telepon penginapan bogarasa berapa ya? makasih sebelumnya

    BalasHapus
  2. Ada nomor telepon yang bisa dihubungi?

    BalasHapus
  3. bisa minta nomor kontaknya boga rasa kang

    BalasHapus
  4. bisa minta nomor kontaknya boga rasa kang

    BalasHapus