Home » » Rumah Wisata Balap 40 m dari Pantai Santolo

Rumah Wisata Balap 40 m dari Pantai Santolo

Pantai Santolo yang berpasir putih adalah salah satu destinasi wisata di Garut Selatan. Letaknya di kecamatan Cikelet Kabupaten Garut. Posisinya 88 KM dari Garut kota dan dapat ditempuh dengan 3 sampai 4 jam perjalanan tergantung kecepatan anda berkendara. Ke tempat wisata memang lebih seru touring dengan menggunakan kendaraan roda dua. Namun bukan berarti kita tidak akan nyaman menggunakan kendaraan roda empat dan  kita bisa datang berlibur bersama keluarga.

Rute mencapai Santolo

Untuk ke Santolo kita bisa menggunakan beberapa alternatif. Yang datang dari arah Bandung atau Jakarta yang melewati Bandung, Bisa menggunakan tiga (3) rute Utama. Rute Kedua (2) Dari Bandung kita bisa mengambil jalan dari buah batu --- terus ke Banjaran ---- kemudian kita ke arah Cisewu Garut meleati Pangalengan --- Situ cileunca --- terus menyusuri Jalan Cisewu --- Bungbulang --- Ranca Buaya. Disini kita bisa menyambangi dahulu Pantai Ranca Buaya yang sangat indah. Bila ingin melanjutkan perjalan, kita Belok kanan menuju ke Pantai Santolo dengan jarak tempuh sekitar 2 jam perjalan. Biasanya lebih lama karena di sepanjang jalan kita akan sering melambatkan laju kendaraan atau bahkan berhenti dan turun untuk berphoto. Memang di sepanjang jalan dari Bandung kita akan banyak menemukan pemandangan yang indah-indah.

Rute yang ke dua (2) adalah kita melewati jalur Ciwidey - Cidaun. sebelum menginjak Kabupaten Cianjur Selatan kita bisa mengunjungi daerah wisata Ciwalini, Kawah Putih, Cibuni, dan Situ Patenggang. Kemudian kita lanjutkan perjalan sampai ke Cidaun dengan 4 jam perjalanan. Setelah sampai di Cidaun belok kiri ke Sebelah timur dan anda bisa singgah di Pantai Jayanti Kampung Ranca Mareme, Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur. Lalu kita bisa langsung menuju ke arah Santolo. Kita akan melewati kampung Jayanti --- Cijengkol ---Puncak  Bayuning --- Polohok --- disini kita bisa melihat pantai dari atas bukit yang indah, kita akan dibuat molohok (terkesima) dengan pemandangan di bawah polohok yang terhampar luas. Bagaikan berada di menara yang tinggi kita bisa melihat semuanya. Dari --- Polohok Puncak Bayuning --- kita bisa melanjutkan perjalanan menyusuri desa Karangwangi --- hati-hati jalannya belum bagus --- di Karang Wangi ada situs Batu Kukumung. Dahulu di situ ada prasasti berupa alas kaki sebelah kiri Prabu Kian Santang yang sangat ajaib. Dari Kukumung kita bisa melihat Tanjung Ranca Buaya yang melonjor ke Laut seperti buaya sedang menatap luasnya samudera hindia, sungguh pemandangan yang sangat indah. Dari karang wangi kita susuri lagi Jalan ke timur dan akan sampai di kampung Bantar Waru dan Ranca Tunjung yang dipisahkan oleh sungai dan jembatan Cisela yang Indah. --- Dari Sana perjalanan hanya 2 Jam ke Santolo.

Rute ketiga (3) Dari Bandung kita bisa ke Garut --- Cikajang---- kemudian terus menyusuri jaan yang menuju ke--- Cikelet --- Pameungpeuk --- dan dari pameungpeuk kita langsung menuju Santolo. Rute ini cocok bagi kita yang hobi touring dengan mengambil bentuk lingkaran perjalanan dan untuk pulang kita bisa menggunakan rute pertama (1) atau kedua (2). 

Akomodasi Murah di Santolo



Di pantai santolo banyak terdapat losmen, penginapan dan hotel kelas melati. Penginapan murah yang kami rekomendasikan adalah penginapan balap yang sederhana namun cukup pas dikantong. sewa rumah ini hanya sekitar Rp 100.000 sampai Rp 200.000 saja.

0 comments:

Posting Komentar