Home » » Kenapa disebut Santolo

Kenapa disebut Santolo




Naik Pamor
Santolo adalah salah satu tujuan wisata yang sedang naik daun. Pamor nya semakin menanjak seiring waktu berjalanan. Nama nya terbilang santer dibicarakan orang. Bahkan saya kira tempat ini mulai menunjukkan tajinya diantara tujuan wisata favorit lain di Indonesia.

Daya Tarik
Kenapa tempat ini banyak diburu para wisatawan ? alasannya pertamanya adalah karena citra keindahan yang terpancar merata di retina mata para pengunjung. Mungkin terasa klise namun itu yang sebenarnya. Meskipun semua tempat khususnya pantai selalu membuat orang lupa daratan, namun selalu ada alasan yang melatarbelakangi sesuatu.

Nama yang khas
Nama pantai ini cukup mengundang tanya yang tak mungkin dipendam lebih lama. Maka segera menanyakannya akan lebih baik bagi kesehatan jiwa... hehehe
Sekilas mendengar namanya terasa biasa saja. Tapi bagi ilmuwan seperti saya yang selalu ingin mendalami sesuatu ke akar-akarnya hal ini terasa unik.. cie cieee.


Dari bahasa apakah?
pertama yang akan kita pertanyakan adalah dari bahasa apakah nama santolo itu? jawaban yanglangsung kita dapatkan dari nara sumber ang terpercaya adalah Santolo berasa dari Bahasa Sunda. Ini sangat logis karena memang santolo berada di daerah Jawa Barat yang sebagian besar penduduknya menggunakan Bahasa Sunda di Garut deuih ... hehe.
 
Apa maknanya
Dari sisi pemaknaan secara bahasa dapat ditarik dari kata sifat nyantolo (dalam Bahasa Sunda) artinya yang menjorok atau maju ke depan. Dalam bahasa Sunda dikatakan basisir anu nyantolo ka laut arinya pesisir yang menjorok ke laut.

Jadi .... ?
Kalau begitu Santolo itu berarti kata sifat yang  ditempatkan untuk menamai satu pantai yang memiliki ciri-ciri seperti itu ...


2 comments: