Home » » Amankah berenang di Pantai santolo ...?

Amankah berenang di Pantai santolo ...?

Pantai Santolo sudah menjadi tujuan wisata yang terkenal. Bila hari libur tiba akan terlihat banyak iring-iringan kendaraan bermotor yang menuju ke sana. Kendaraan roda dua menjadi kendaraan yang spesial untuk konvoi bersama kawan untuk menyusuri keindahan Pantai di Selatan Garut ini.

Apa yang Unik
Keunikan pantai ini adalah adanya hamparan pasir putih yang luas dan lembut. Ciri khas lain adalah ombaknya yang tenang dan berarus kecil. Dua hal ini memang terasa berbeda dengan pantai-pantai yang lain. Tidak seperti pantai-pantai lain di Selatan Jawa yang biasanya berombak besar dan berpasir hitam, abu, atau kecoklatan. Tampaknya Pantai Santolo mengalami anomali atau pengecualian. Karena disini kita akan mendapati hal yang berbeda.

Berenang ...? bisa banget
Untuk aktifitas berenang kita harus mengetahui tempat mana saja yang aman untuk berenang.

Pantai Awal Masuk
Pertama kali anda memasuki gerbang Wisata Pantai Santolo, anda langsung disuguhi pemandangan pantai yang indah. Pantai ini berbentuk teluk yang menekuk membentuk lengkungan seperti bulan sabit. Nah di pantai yang pertama ini kita boleh berenang. Cuman jangan terlalu ke tengah karena sangat dalam. Dan bila anda yang kurang terampil berenang disarankan untuk tidak berenang jauh jauh. Di Pantai ini kita bisa juga menyewa banana boat atau perahu untuk mengelilingi teluk ini.
Ini Gambarnya:

Ini video nya:
video

Karang Bowl
Tempat ini sangat aman untuk berenang bila air laut sedang surut. Ketika debit air semakin berkurang kita akan menemukan genangan-genangan air pada area seperti mangkuk besar. Kolam-kolam alami ini lebih mirip seperti danau-danau yang bisa dipakai untuk berenang-renang kecil Tempat ini banyak diburu oleh anak-anak dan ketinggalan pula orang dewasa seperti saya.

Ini gambarnya:

Hamparan Karang ini sangat luas sehingga membuat citra pesona keindahan begitu terasa. Ingat tempat ini hanya bisa disambangi ketika surut saja.

Daerah terlarang
Kemudian setelah hamparan karang diatas, di depannya ada pantai yang ombaknya luar biasa besarnya. Menyelam di sini adalah merupakan melanggar aturan yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola. Hanya masyarakat setempat yang terampil dan sudah biasa saja yang berani dan boleh berada disini. Mereka umumnya mencari rumput laut, kerang-kerang, lobster, mata lembu, tariptip, dan bulu babi. 

Kita bisa berpoto dengan latar belakang ombak dan semburan air dari balik karang. Hal ini dapat dilakukan dengan hati-hati dan sebaiknya tidak sendirian. Sebelum melakukannya kita harus seksama melihat keadaan air laut. Bila dirasa aman barulah kita mendekat. Ingat air laut tidak bisa kita kendalikan.

Ini gambarnya:
Nah ditempat saya duduk ini sebenarnya ada lompatan air yang masuk ke dalam cekungan karang. sehingga dengan kekuatannya air itu melompat dan berhambur. Sungguh sangat indah sekali. Sayang sekali  kamera yang saya bawa tidak sanggup untuk mengabadikannya karena terjadi hanya dalam sepersekian detik saja. Jadi bagi anda yang akan datang ke sini jangan lupa membawa kamera yamg beresolusi tinggi. Pasti gambar yang dihasilkan akan lebih maksimal.

Jadi untuk berenang di Pantai Santolo bisa kita lakukan. Namun harus di tempat yang aman seperti yang telah di jelaskan. Selamat Mencoba .... !!!

0 comments:

Posting Komentar