Home » » Ulasan Singkat Pantai Santolo Garut Selatan

Ulasan Singkat Pantai Santolo Garut Selatan

Pantai memang menyajikan sejuta keindahan. Deburan ombak yang saling kejar satu sama lain seolah menandakan bahwa hidup ini bergerak. Hamparan pasir dan kerikil membuat kita merasakan adanya tarikan mesra akan pelestarian alam. Bentuk-bentuk karang yang beraneka bentuk, warna, dan tekstur menyajikan pesona yang selalu baru dan berbeda. Maka tidak salah ada ungkapan "santai aja kaya di pantai". Ini memang fakta dan kenyataan. Siapapun orang yang datang, suasana pantai menghanyutkanny kedalam ketenangan dan kedamaian bahkan menarik diri untuk merasakan kedekatan dengan sang Maha Pencipta. Gemuruh ombak malah menjadikan hati hening dan tentram.

Di sepanjang pantai selatan Jawa Barat banyakdijmpai Pantai yang unik dan memiliki pemandangan sangat bagus. Kalau boleh disebutkan, maka kita akan bisa menyebut Pantai Jayanti Cidaun, Pantai Ranca Buaya Garut, Pantai Sereg Sindang Barang, Pantai Ranca Badak Cianjur, Pantai Cipanglay Cianjur, Pantai Ujung Genteng, Pantai Pangandaran, Pantai Pelabuhan Ratu, dan banyak lagi yang lainnya.

Diantara pantai-pantai itu ada yang sudah berkembang menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi, Dilengkapi dengan akses jalan yang mulus, fasilitas yang lengkap, dan perkembangan kemajuan ekonomi dan kesadaran berbudaya masyarakat.

namun banyak pula yang belum dikelola dengan baik, atau bahkan tidak dipandang sebagai likasi wisata. Padahal bila dilihat dari potensi yang dikandungnya, pantai-pantai itu akan selalu menyajikan pemandangan yang berbeda dan unik yang tidak didapati di pantai-pantai lain.

Di Kabupaten Garut begitu pula di selatan Cianjur banyak terdapat pantai yang indah. Dan yang sekarang sedang naik daun adalah pantai santolo Cikelet Garut. semenjak beberapa tahun terakhir ini pamor Pantai Santolo naik secara mengagumkan.

Ketika saya berkunjung ke Situ Patengan di daerah dekat Kawah Putih, malah orang-orang dari Bandung sekarang lebih tertarik untuk pergi berlibur ke pantai Santolo Garut. Usut punya usut ternyata memang benar Pantai ini sedang meningkat tingkat kepopulerannya.

Diantara yang menarik wisatawan akan Pantai Santolo adalah yang pertama tentunya landscape atau pemandangan yang tersaji di pantai ini. Meskipun citra keindahan itu akan berbeda pada setiap keindahan, namun dipastikan bahwa Pantai ini memenuhi keindahan yang disepakati oleh kita yang berkunjung. Bila kita pandang maka akan nampak jelas dalam perpaduan warna laut, karang, pasir, langit. Dan bila sekilas saja kita pandang maka langsung saja kita katakan "endah pisan" (sangat indah).

Kemudian daya tarik berikutnya adalah tempatnya yang masih belum terlalu ramai dikunjungi. Ini yang membuat orang penasaran dan menjadi daya tarik tersendiri. Karena menurut adat kebiasaan para pengunjung adalah selalu ingin menjajal tempat baru dengan suasana baru. Dan bagi yang ingin melepas penat dan sumpek tempat yang tidak terlalu banyak orang lebih disenangi. Hal ini karena Yang diinginkan adalah kedamaian hati dan perasaan dengan cara menyatu dengan alam dan berteriak di alam bebas bukan ingin melihat lautan manusia yang sering ditemuinya setiap hari yang justru membuatnya stress selama ini.

Dan yang ketiga, tempat ini lumayan jauh dari pusat kota atau biasa disebut remote area. Sangat cocok bagi para penjelajah  untuk datang ke tempat seperti ini. Karena bagi mereka ini akan menjadi cerita baru dan pengalaman yang tak akan terlupakan.

Demikianlah Selayang Pandang tentang Pantai nan Asri Santolo Cikelet Garut. Semoga bermanfaat.


 

0 comments:

Posting Komentar